Sabtu, 30 Mei 2009

Kamis, 21 Mei 2009

Aturan dan Penjelasan Komponen YHSk

ATURAN DAN KETENUAN
BAB I
PENGERTIAN
Pasal 1.Komponen
1. Program adalah acuan atau pedoman tentang pelaksanaan pendidikan di SD.IUT.
2. Kurikulum adalah seperangkat alat yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar yang membentuk satu keputusan.
3. Pengawas adalah unsur pelaksana dibidang pengawasan sekolah.
4. Kepala sekolah adalah pemimpin sekolah yang bertugas untuk memajukan sekolah yang bekerjasama dengan guru, karyawan, orang tua dan masyarakat.
5. Guru adalah tenaga pendidik pada SD.IUT Padang Sibusuk yang khusus diangkat dengan tugas utama mengajar.
6. Murid adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar di SD.IUT Padang Sibusuk.
7. Komite sekolah adalah satuan yang terdiri dari perwakilan orang tua, masyarakat dan guru sebagai badan pelaksana pembangunan pendidikan SD.IUT Padang Sibusuk.
8. Tata usaha adalah sarana pelayanan dibidang administrasi sekolah yang merupakan jabatan struktural.
9. Ruang belajar adalah tempat dilaksanakannya proses belajar mengajar.
10. Perpustakaan adalah unsur pelaksana dibidang sarana pusat sumber belajar bagi, guru, murid dan pegawai di lingkungan SD.IUT.
11. Labor komputer adalah unsur pelaksana dibidang keterampilan komputer.
BAB II
IDENTITAS DAN CIRI KHAS SD.IUT
Pasal 2.Waktu Pendirian
Pendidikan Madrasah Unggul Terpadu (SD.IUT) merupakan pendidikan dasar Islam sebagai pendidikan lanjutan dari Taman Kanak-kanak yang didirikan oleh Yayasan Hajjah Siti Khadijah Padang Sibusuk


Pasal 3. Visi, Misi dan Tujuan pendidikan SD.IUT
1. Visi
Memposisikan Sekolah Dasar Islam Unggul Terpadu (SD.IUT) sebagai pusat keunggulan yang mampu menyiapkan dan mengembangkan sumber daya insani yang berkualitas di bidang IPTEK dan IMTAQ
2. Misi
Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi mutu, baik secara ilmuan maupun secara moral dan sosial, sehingga mampu menyiapkan dan mengembangkan sumber daya insani yang mempunyai kualitas dan di bidang IPTEK dan IMTAQ
3. Tujuan
Memberikan bekal kemampuan dasar ” BACA, TULIS, HITUNG”, Pengetahuan dan Keterampilan Dasar yang bermanfaat bagi siswa, memberikan bekal kemampuan dasar tentang pengetahuan agama Islam dan Teknologi
Pasal 4. Azaz
SD.IUT berazazkan Islam (Al-Qur’an dan Sunnah) dan falsafah negara Pancasila dan UUD 1945
Pasal 5. Lambang, Bendera dan Lagu
1. SD.IUT memiliki lambang yang terdiri dari unsur-unsur dengan inti pengertian
a. Bulan Bintang : Ketuhanan
b. Qubah Masjid : Ciri Khas Islami
c. Buku : Sumber Ilmu Pengatahuan
2. SD.IUT memiliki bendera dengan warna hijau yang di dalamnya memuat logo SD.IUT
3. SD.IUT mempunyai lagu bernafaskan islam, diperdengarkan pada upacara-upacara resmi tertentu





BAB III
KEDUDUKAN, TUGAS POKOK DAN FUNGSI SD.IUT
Pasal 6. Kedudukan
1. SD.IUT adalah unit organik pendidikan YHSK Padang Sibusuk dipimpin oleh Kepala Sekolah yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada kepala bidang pendidikan YHSK
2. Pembinaan SD.IUT secara fungsional dilaksanakan oleh kepala bidang pendidikan
Pasal 7. Tugas Pokok
Tugas pokok SD.IUT adalah menyelenggarakn pendidikan dan pengajaran ditingkat pendidikan dasar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
Pasal 8. Fungsi
Untuk menyelenggarakan tugas pokok tertentu di atas, maka SD.IUT berfungsi :
1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran ilmu pengetahuan secara terpadu dengan memiliki beberapa aspek keunggulan
2. Melaksanakan pembinaan kepada siswa agar berilmu, beriman dan berakhlak baik
3. Melaksanakan pelayanan administrasi sekolah dengan baik
BAB IV
SUSUNAN KELENGKAPAN SD.IUT
Pasal 9. Bentuk dan susunan organisasi
Personil organisasi SD.IUT terdiri dari :
1. Pengawas Sekolah
2. BP3
3. Kepala Sekolah
4. Guru
5. Kantor Tata Usaha
6. Perpustakaan
7. Labor


BAB V
ALAT KELENGKAPAN SD.IUT
Pasal 10. Pengawas Sekolah
1. Pengawas Sekolah SD.IUT adalah unsur pelaksana dibidang pengawasan kegiatan kerja sekolah secara menyeluruh dan mengasuh serta membantu memecahkan permasalahan yang terjadi di lembaga pendidikan SD.IUT
2. pengawas sekolah ditetapkan oleh ketua yayasan atas usul kepala bidang pendidikan YHSK
Pasal 11. BP3/Komite
BP3/Komite adalah badan pelaksana pembangunan pendidikan yang mempunyai tugas pokok
BAB VI
KEDUDUKAN DAN TUGAS KEPALA SEKOLAH
Pasal 12. Kedudukan dan tugas pokok
1. Kepala sekolah adalah pimpinan yang secara operasional langsung mengatur, mengelola dan mengurus kegiatan belajar dan mengajar di sekolah
2. Kepala sekolah mempunyai tugas
a. Memimpin SD.IUT sesuai dengan tugas yang telah digariskan oleh YHSK dan membina lembaga pendidikan agar berdaya guna dan berhasil guna
b. Menentukan kebijakan pelaksanaan, penyelenggaran pendidikan dan pengajaran di lingkungan SD.IUT yang secara fungsional menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan kebijakan YHSK
c. Membina dan melaksanakan kerjasama dengan kepala bidang pendidikan, Bp3, pengawas sekolah, wali murid, guru dan masyarakat untuk memecahkan persoalan yang timbul terutama yang menyangkut kelancaran proses belajar mengajar
d. Menyusun rencana tahunan, rencana jangka pendek dan jangka panjang serta laporan
e. Selaku penanggung jawab pendidikan SD.IUT kepala sekolah bertanggung jawab kepada YHSK melalui kepala bidang pendidikan


BAB VII
TATA USAHA
Pasal 13. Kedudukan, tugas dan fungsi tata usaha
1. Tata usaha adalah unsur pembantu pimpinan di bidang administrasi umum, administrasi pendidikan dan pengajaran yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada kepala sekolah dan pembinaannya sehari-hari oleh kepala sekolah
2. Tata usaha dipimpin oleh seorang kepala Tata Usaha
3. Tata Usaha mempunyai tugas memberikan pelayanan tekhnis dan administrasi kepada seluruh unsur di lingkungan unit SD.IUT
4. Untuk menjalankan tugasnya Tata Usaha mempunyai fungsi :
a. Mempersiapkan dan melaksanakan administrasi pendidikan dan pengajaran
b. Mempersiapkan sarana pengajaran, melaksanakan pengolahan data dan statistik kependidikan
c. Melaksanakan urusan registrasi, pencatatan hasil belajar dan penyelesaian hasil studi yang meliputi administrasi pendaftaran siswa, pencatatan evaluasi hasil belajar dan menyelenggarakan administrasi penyelesaian studi
d. Menyususun persiapan program pendidikan
e. Melaksanakan urusan keuangan, dokumentasi dan statistik
f. Melaksanakan urusan administrasi kepegawaian, perlengkapan, humas, publikasi dan rumah tangga
BAB VIII
GURU
Pasal 14. Kedudukan, tugas dan fungsi guru
1. Guru adalah tenaga pengajar di lingkungan SD.IUT yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala sekolah
2. Guru terdiri dari guru tetap dan guru tidak tetap
3. Jenis dan jenjang kepangkatan diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
4. Guru mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan bidang keahlian/ilmunya serta memberi bimbingan kepada para siswa dalam rangka memenuhi kebutuhan dan minat siswa dalam proses pendidikan
BAB IX
PERPUSTAKAAN, LABOR DAN KOMPUTER
Pasal 15. Perpustakan
1. Perpustakaan adalah unit pelaksanaan teknis di bidang kepustakaan, berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada kepala sekolah dan pembinanya sekali-kali dilakukan oleh kepala sekolah
2. Perpustakaan mempunyai tugas memberikan pelayanan pustaka untuk keperluan pendidikan dan pengajaran
3. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, perpustakaan mempunyai tugas-tugas :
a. Menyediakan dan mengolah bahan pustaka
b. Memberikan pelayanan dan pendayagunaan bahan pustaka
c. Memelihara bahan pustaka
d. Melakukan pelayanan referensi
e. Melakukan urusan tata usaha perpustakaan
4. Pengelola perpustakaan terdiri dari kepala perpustakaan dan beberapa orang pembantu
Pasal 16. Labor Komputer
 Labor komputer adalah unit sumber daya dasar untuk pengembangan keterampilan siswa dalam bidang tekhnologi komputer
 Labor komputer di pimpin oleh seorang tenaga ahli yang telah memenuhi persyaratan
 Labor komputer mempunyai tugas melakukan kegiatan pendidikan dan pengajaran di bidang keterampilan komputer sebagai penunjang dalam pengembangan kemampuan dan keterampilan siswa
 Untuk menyelenggarakan tugas tersebut labor komputer mempunyai fungsi : mempersiapkan sarana untuk melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang keterampilan komputer

BAB X
PENGANGKATAN DAN PEMBERIHENTIAN
Pasal 17. Pengangkatan dan pemberhentian kepala sekolah
1. Kepala sekolah diangkat dan diberhentikan oleh YHSK atas usul kepala bidang pendidikan
2. Sebelum diajukan usul untuk pengangkatan/pemberhentian kepala sekolah sebagaimana dimaksud ayat (1) kepala bidang pendididkan meminta pertimbangan BP3 dan pengawas sekolah
3. Masa jabatan kepala sekolah selama 4 tahun, setelah itu ia dapat diangkat kembali
Pasal 18. Pengangkatan dan pemberhentian KTU
1. Kepala Tata Usaha diangkat dan diberhentikan oleh YHSK melalui kepala bidang pendidikan atas usul kepala sekolah
2. Masa jabatan KTU selama 4 tahun, setelah itu ia dapat diangkat kembali
Pasal 19. Pengangkatan dan pemberhentian Guru
Guru diangkat dan diberhentikan oleh YHSK melalui kepala bidang pendidikan atas hasil musyawarah kepala sekolah dan pengawas
Pasal 20. Pengangkatan dan pemberhentian kepala Labor dan Perpustakaan
1. Kepala labor dan kepala perpustakaan diangkat dan diberhentikan oleh YHSK melalui kepala bidang pendidikan atas usul kepala sekolah
2. Masa jabatan kepala perpustakaan dan kepala labor selama 4 tahun, setelah itu ia dapat diangkat kembali
BAB XI
EKSTRA KURIKULER
Pasal 21. Olah Raga
1. Pelaksana olah raga SD.IUT bertugas membina, memupuk, menumbuh suburkan dan meningkatkan kegiatan olahh raga di lingkungan SD.IUT
2. Untuk melaksnakan tugas tersebut, pelaksana olah raga mempunyai fungsi :
a. Mengusahakan tumbuh dan berkembangnya pembinaan dan latihan bidang-bidang olah raga yang memungkinkan dibina di lingkuangan SD.IUT
b. Mengusahakan peningkatan sarana dan prasarana olah raga
c. Menyelenggarakan pertandingan olah raga dalam rangka meningkatkan prestasi olah raga di lingkungan SD.IUT
3. Dalam melaksanakan tugasnya, ketua pelaksana olah raga bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan pembinaan sehari-hari dilakikan oleh guru olah raga
Pasal 22. Kesenian
1. Pelaksana kesenian SD.IUT adalah pelaksana pembinaan dan pengembangan kesenian yang bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan pembinaan sehari-hari di lakukan oleh guru kesenian
2. Pelaksana kesenian mempunyai tugas membina, membimbing, menghidup suburkan dan meningkatkan pengembangan di bidang kesenian di lingkuangan SD.IUT
3. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, pelaksana kesenian mempunyai fungsi :
a. Mengusahakan tumbuh dan berkembangnya lembaga / group pembinaan kesenian yang merupakan wadah penyelenggaran latihan dan peningkatan keterampilan seni yang bernafaskan islam dan budaya bangsa (seni tradisional yang sesuai dengan prinsip Islam)
b. Mengusahakan sarana dan prasarana kesenian
c. Mendorong kreatifitas seni dan dikalangan siswa dengan penyelenggaraan festifal/lomba/musabaqoh seni
BAB XII
KOPERASI SEKOLAH
Pasal 23. Kedudukan, tugas dan fungsi
1. Koperasi sekolah bertugas untuk kesejahteraan guru, pegawai dan murid di lingkungan SD.IUT
2. Selaku anggota koperasi terdiri guru, pegawai dn murid di lingkkungan SD.IUT
3. Untuk melaksanakan tugas tersebut koperasi sekolah berfungsi :
a. Memberikan pelayanan terhadap kebutuhan anggota koperasi
b. Mengusahakan sarana yang tepat untuk kegiatan koperasi sekolah
4. Dalam melaksanakan tugasnya koperasi sekolah bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan pengelolaan sehari-hari dilaksanakan oleh koordinator koperasi sekolah
BAB XIII
TATA KERJA
Pasal 24. Koordinasi, integrasi dan sinkronisasi
1. Dalam melaksanakan tugasnya, setiap komponen di lingkungan SD.IUT wajib menerapkan prinsip koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik di dalam bidang kerja masing-masing maupun antar komponen di lingkungan SD.IUT serta dengan YHSK melalui kepala bidang pendidikan
2. Setiap kepala bidang di lingkungan SD.IUT bertanggung jawab memimpin dan mengkoordinasikan bawahannya masing-masing dan memberikan bimbingan serta petunjuk bagi pelaksanaan tugas bawahan
3. Setiap kepala bidang, wajib mengikuti dan mematuhi petunjuk dan bertanggung jawab kepada pimpinan sekolah serta menyampaikan laporan berkala pada waktunya
Pasal 25. Pelaporan
1. Setiap laporan yang diterima oleh pimpinan sekolah dari masing-masing bidang wajib diolah dan dipergunakan sebagai bahan untuk menyusun laporan lebih lanjut dan untuk memberikan petunjuk kepada bawahan
2. Kepala sekolah, KTU, Guru, Kepala bidang lainnya dalam melaksanakan tugasnya berpedoman kepada kebijaksanaan SD.IUT
3. KTU, Guru, kepala bidang menyampaikan laporan kepada kepala sekolah
4. Kepala tata usaha mengolah dan menyusun laporan tersebut pada ayat (3) pasal ini menjadi laporan SD.IUT
5. Dalam menyampaikan laporan masing-masing tembusannya disampaikan kepada YHSK melalui kepala bidang pendidikan
6. Dalam melaksanakan tugasnya, kepala sekolah memberikan bimbingan dan petunjuk terhadap dan bawahnnya, wajib mengadakan rapat berkala dengan para bawahannya




BAB XIV
PENDAFTARAN SISWA
Pasal 26 . Penerimaan murid baru
1. Yang dapat diterima menjadi murid baru adalah :
a. Tamam TK
b. Lulus Iqra’6 Bisa baca Al-Qur’an
c. Umur minimal 6 tahun
2. Penerimaan murid baru dilakukan dengan beberapa kategori
a. Mengisi formulir pendaftaran
b. Fotokopi Ijazah Tk
c. Fotokopi akte / surat kelahiran
d. Mengikuti test
Pasal 27 . Pendaftaran ulang
1. Pendaftaran ulang bagi seluruh murid dilakukan 1 kali dalam satu tahun yakni setiap tahun ajaran baru
2. Murid yang diterima pendaftaran ulangnya adalah siswa yang telah memenuhi persyaratan/kewajiban yang ditentukan oleh SD.IUT
3. Murid yang tidak melakukan pendaftaran ulang dianggap mengundurkan diri dari sekolah
BAB XV
KURIKULUM
Pasal 28 . Dasar penyusunan kurikulum
1. Penyusunan kurikulum mengacu dan berorientasi kepada kurikulum Departemen Agama dan Pendidikan Nasional
2. Kurikulum SD.IUT terdiri dari perpaduan antara kurikulum Depag dan Diknas dan kemudian ditambah dengan program-progaram pendidikan yang menjadi keunggulan SD.IUT
Pasal 29 . Kompetensi
Kurikulum SD.IUT berorientasi pada kurikulum berbasis kompetensi yang mencakup kecerdasan Intelektual, kecerdasan Spiritual dan kecerdasan Emosional

Pasal 30 : Belajar Mengajar
Pendekatan pengalaman belajar mengajar dapat digolongkan kepada beberapa kategori :
– Teoritis
– Praktis
– Latihan
– Tugas
Pasal 31 : Landasan Operasional
Landasan operasional kurikulum SD.IUT meliputi :
Prosedur pengembangan kurikulum
Pengembangan kurikulum terdiri dari :
a. Analisa Tugas ( pengajaran dan non pengajaran di sekolah )
b. Kompetensi
c. Pengalaman belajar : materi, pokok bahasan, taksiran waktu
2. Integrasi isi, metode, teori dan praktek
3. Komposisi program studi
a. Materi pelajaran dasar 75%
b. Materi unggulan 15%
c. Ekstra kurikuler 10%
Pasal 32 : Ujian
Ujian terdiri dari :
1. Ulangan harian (UHA)
2. Formatif (beberapa pokok bahasan)
3. Sumatif (ulangan cawu
Pasal 33 : Nilai
1. Nilai 10 : Istimewa
2. Nilai 9 : baik sekali
3. Nilai 8 : baik
4. Nilai 7 : lebih dari cukup
5. Nilai 6 : cukup
6. Nilai 5 : hampir cukup
7. Nilai 4 : kurang
8. Nilai 3 : kurang sekali
9. Nilai 2 : buruk
10 Nilai 1 : buruk sekali

BAB XVI
ORGANISASI SISWA
Pasal 34 : Jenis Organisasi Siswa
Organisasi siswa di lingkungan SD.IUT : Osis
BAB XVII
KERJA SAMA
Pasal 35. Kerjasama dengan instansi pemerintah, sekolah-sekolah dan organisasi sosial
Dalam meningkatkan pembinaan dan pengembangan pendidikan di SD.IUT hendaknya bekerjasa dengan :
1. DEPDIKNAS
2. DEPARTEMEN AGAMA
3. LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
4. ORGANISASI SOSIAL MASYARAKAT
BAB XVIII
KEPEGAWAIAN
Pasal 36 : Bentuk dan tugas kepegawaian
1. Untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, SD.IUT ditunjang oleh tenaga kepegawaian yang meliputi : tenaga pengajar (guru), tenaga administratif dan tenaga pelayanan teknis
2. Untuk peningkatan dan pendayagunaan tenaga tersebut dilakukan pembinaan oleh kepala sekolah
3. Penyelenggaraan urusan administrasi kepegawaian dilaksanakan oleh kepala tata usaha yang bertugas menyelenggarakan urusan administrasi kepegawaian, pembinaan dan pengembangan kepegawaian serta pembinaan kesejahteraan pegawai yang bekerjasama dengan kepala sekolah
BAB XIX
KEUANGAN
Pasal 37 : Sumber Keuangan
1. Untuk melaksanakan tugas dan fungsinya SD.IUT memanfaatkan
dana yang berasal dari :
a. Anggaran rutin dari YHSK
b. Anggaran Pembangunan
c. Anggaran SPP
2. Perencanaan, pengelolaan/pelaksanaan serta pertanggung jawaban keuangan tersebut dilakukan oleh bagian keuangan dalam hal ini untuk sementara dilaksanakan oleh kepala sekolah yang bekerjasama dengan kepala tata usaha
BAB XX
UPACARA DAN KALENDER TAHUNAN
Pasal 38 : Jenis dan bentuk upacara
SD.IUT menyelenggarakan beberapa jenis dan bentuk upacara yakni :
1. Rapat Rutin
a. Bulanan
b. Tahunan
2. Upacara Bendera
3. Upacara Peresmian
a. Peresmian gedung
b. Organisasi siswa
Pasal 39 : Kalender Tahunan
1. Untuk kelancaran balajar mengajar dan kegiatan lainnya SD.IUT menyusun kalender tahunan yang ditetapkan/disahkan oleh kepala bidang pendidikan sebelum masuknya tahun ajaran baru
2. Kalender tahun ajaran baru secara garis besarnya menentukan tanggal :
a. Penerimaan siswa baru
b. Pendaftaran murid baru dan lama
c. Permulaan belajar
d. Ujian
e. Hari-hari libur
f. Dan lain-lain

BAB XXI
PENUTUP
Pasal 40 : Ketentuan penutup
1. Di samping ketentuan-ketentuan yang tersebut dalam pedoman ini berlaku pula ketentuan dan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah
2. Hal-hal yang belum diatur dalam pedoman ini akan diatur lebih lanjut dalam ketentuan sendiri
3. Jika dikemudian hari pedoman ini tidak sesuai lagi dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau tidak sesuai lagi dengan perkembangan keadaan maka pedoman ini dapat ditinjau kembali/disesuaikan dengan mendapat persetujuan/pengesahan dari YHSK

SMP.IUT

LATAR BELAKANG
Maju mundurnya suatu negara sangat ditentukan oleh kualitas dari masyarakat atau rakyat negara tersebut. Hubungan rakyat dengan negara cenderung berbanding lurus. Ini artinya, jika rakyatnya memiliki kualitas yang baik biasanya negara tersebut juga cenderung tergolong negara yang maju. Dan sebaliknya, jika kualitas rakyatnya masih rendah dengan sendirinya kondisi negara tersebut juga relatif susah untuk berkembang ke depannya.
Kualitas rakyat atau masyarakat suatu negara tidak lepas dari tinggi rendahnya kualitas pendidikan yang terlaksana di negara itu. Sedangkan kualitas pendidikan itu sendiri sangat ditentukan oleh kualitas sekolah - sekolah sebagai penyelenggaranya. Sehingga dengan sendirinya untuk dapat meningkatkan kualitas masyarakat dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas dari sekolah – sekolah yang ada di negara tersebut.
Indonesia sama halnya dengan negara – negara lainnya, juga mengalami persoalan yang sama terkait dengan masalah kualitas rakyat atau bangsanya. Salah satu persoalan yang mendasar yang dihadapi negara Indonesia saat ini adalah kualitas masyarakatnya yang masih rendah, baik secara keimanan, keilmuan, maupun akhlaknya. Untuk itu diperlukan adanya sebuah proses perubahan secara berkelanjutan dan terus menerus. Dan proses ini dapat dilakukan, salah satunya melalui sebuah proses pendidikan yang berkesinambungan berupa pembentukan generasi melalui sekolah.
Yayasan Siti Khadijah yang merupakan yayasan yang salah satu bidang kegiatannya adalah pendidikan, berusaha untuk melakukan proses pendidikan yang berkesinambungan tersebut melalui pendirian sekolah. Karena yayasan memandang sekolah merupakan sarana yang tepat untuk melaksanakan proses pendidikan yang berkesinambungan tersebut di atas.
Yayasan Siti Khadijah mengawai proses pendidikan ini dengan mendirikan sekolah Islam swasta pertama di wilayah kabupaten Sawahlunto Sijunjung, yaitu Taman Kanak – Kanak Al Qur'an (TKA) Siti Khadijah. Kemudian dilanjutkan dengan beroperasi Madrasah lbtidaiyah Swasta (MIS) Siti Khadijah. Keberhasilan dalam proses pendidikan yang dilakukan di kedua sekolah ini, adalah dengan adanya pengakuan dari Bupati Kabupaten Sawahlunto Sijunjung sebagai sekoiah yang diunggulkan balk dari sisi keimanan maupun dari sisi keilmuannya.
Tindak lanjut dari keberhasilan proses pendidikan yang telah dilakukan selama ini, dan dalam upaya mewujudkan suatu proses pendidikan Islam yang berkelanjutan, maka mulai Tahun Pelajaran 2007 / 2008 ini akan di operasikan Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Siti Khadijah. Sekolah ini diharapkan dapat menjadi penerus dalam pelaksanaan proses pendidikan Islam yang berkelanjutan di Yayasan Siti Khadijah. Dan sebagai SMP Islam swasta pertama di wilayah Kabupaten Sawahlunto Sijunjung, diharapkan sekolah ini betul - betul dapat menjadi motor penggerak sekolah – sekolah Islam di wilayah Kabupaten Sawahlunto Sijunjung.

VISI
Membentuk generasi Islam yang unggul dalam Iman, Ilmu, dan Amal.
MISI
1. Menanamkan pemahaman tentang hak dan kewajiban sebagai generasi Islam yang tercermin dalam perilaku keseharian.
2. Menanamkan pemahaman tentang hak dan kewajiban sebagai generasi Islam yang tercermin dalam perilaku keseharian.
3. Menanamkan konsep – konsep dasar Iptek yang sederhana sebagai langkah awal untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
4. Menanamkan konsep dasar kemandirian dan kepemimpinan, baik secara individu maupun secara kelompok.
5. Mengembangkan semangat Islam melalui pendidikan generasi muda.

SASARAN
1. Membangun sekolah setingkat SMP yang memiliki karakter ke-Islaman yang kuat.
2. Menjadikan sekolah sebagai salah satu alternatif dalam pembentukan karakter.
3. Sebuah sekolah yang menjadi pilihan pertama dalam upaya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
4. Menjadi salah satu sarana untuk mengasah kemampuan berorganisasi dan bermasyarakat.
TUJUAN
Tujuan sepuluh tahun :
1. Menjadi salah satu SMP Unggulan di Propinsi Sumatera Barat.
2. Memiliki berbagai macam prestasi secara akademik dan non akademik di tingkat propinsi dan nasional.
3. Menjadi salah satu sekolah acuan bagi sekolah – sekolah setingkat SMP, khususnya SMP Islam di Sumatera Barat.

Tujuan lima tahun :
1. Menjadi salah satu SMP Unggulan di Kabupaten Sawahlunto Sijunjung.
2. Secara umum llusan diterima di SMA - SMA Unggulan di Kabupaten Sawahlunto-Sijunjung dan sekitarnya.
3. Unggul dalam berbagai macam prestasi di Kabupaten Sawahlunto-Sijunjung dan sekitarnya, baik di bidang akademik maupun non akademik.

Tujuan tiga tahun :
1. Akreditasi A untuk sekolah setingkat SMP.
2. Lulusan sudah mulai diterima di SMA - SMA Unggulan di Kabupaten Sawahlunto-Sijunjung dan sekitarnya.
3. Mulai dikenal masyarakat Kecamatan Kupitan dan sekitarnya sebagai salah satu sekolah Islam pilihan.

TARGET TAHUN 2007 / 2008
Bidang Kurikulum
1. Tersusunnya sebuah kurikulum pembelajaran khas SMPI Siti Khadijah (khusus untuk mata pelajaran di luar kurikulum diknas)
2. Melengkapi sarana dan prasarana penunjang untuk pencapaian target kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.

3. Proses belajar mengajar sudah berjalan dengan lancar dan tertib sesuai dengan yang direncanakan.
4. Meluluskan angkatan pertama dengan tingkat keluusan 100 %.

Bidang Kesiswaan
1. Tersusunnya kegiatan ekstra kurikuler yang relatif tetap sebagai penunjang kegiatan kurikuler.
2. Melengkapi sarana dan prasarana penunjang dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler.
3. Kegiatan ekstra kurikuler sudah berjalan dengan lancar dan tertib sesuai dengan yang direncanakan.
4. Siswa sudah mulai memperlihatkan prestasinya dalam berbagai macam kompetisi di Kabupaten Sawahlunto-Sijunjung.

ASPEK KEUNGGULAN
1. Keimanan
Meliputi :
a. Hapal AI Qur'an, hadits, dan do'a pilihan.
b. Memiliki akidah yang lurus.
c. Mampu membimbing pelaksanaan ibadah.
d. Memiliki kesadaran terhadap persoalan sosial.
e. Mampu berbahasa Arab dengan baik.

2. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Meliputi :
a. Menguasai konsep dasar IPTEK.
b. Menguasai Pengetahuan Internet/Jaringan/LAN/Net support dll
c. Memiliki kebiasaan belajar yang baik.
d. Mampu berbahasa Inggris yang baik.
e. Hasil akademik memuaskan.

3. Kepemimpinan
Meliputi :
a. Kemandirian.
b. Komunikasi verbal dan non verbal.
c. Memecahkan masalah.
d. Pengambilan keputusan.

KURIKULUM DAN TARGET KHUSUS SEKOLAH
1. Kurikulum
Pada dasamya kurikulum diknas yang digunakan di SMPI Siti Khadijah sama dengan kurikulum nasional. Namun untuk pendalaman dan pengembangan terhadap penguasaan murid, dilakukan beberapa penyesuaian, diantaranya adalah :
a. Beberapa mata pelajaran dilakukan penambahan jam, diantaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Bain&
b. Untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan pengembangan, yang meliputi
• Hafalan AI Qur'an, hadits, dan do'a pilihan
• Pengetahuan keagamaan
• Akidah dan Akhlak Islam
• Ibadah
c. Ekstra kurikuler terdiri dari ekstrakurikuler wajib dan pilihan, meliputi :
Komponen W/P Kelas
7 8 9
jumalistik W V V
bela diri W V V V
KIR W V V V
kemandirian W V V V
muhadharah W - V V
kaligrafi , P V V
nasyid/puisi/ seni lainnya P V V
sepak bola,volley,dan olahraga lainnya P V V


2. Target Khusus Sekolah tiga tahunan
Aspek Kelas
7 8 9
Hapalan :
AI Qur'an
Hadits 50 % 1/3 juz
3 hadits 40 % dari kls 7 2/3 juz
7 hadits 30 % dan kls 8 1 juz
10 hadits
Ibadah Kultum imam shalat
ceramah asisten tahfidz
khatib jum'at
Kurban 5 % 20 % 30
KIR survey eksperimen karya Tulis
jumalistik resume artikel karya tulis
Minat membaca 2 bk (fiksi/non fiksi) 2 bk (fiksi/non fiksi) 2 bk (fiksi/non fiksi)
bela diri kuning hijau hijau

PERENCANAAN DAN PERSIAPAN ALAT / KELENGKAPAN SEKOLAH
Untuk mewujudkan SMPI Siti Khadijah seperti yang dijelaskan di atas, perlu adanya perencanaan dan persiapan terhadap semua komponen yang dibutuhkan, baik fisik maupun non fisik. Hal – hal yang perlu dipersiapkan di antaranya :

GURU
Guru merupakan ujung tombak dalam sebuah proses pembelajaran di sekolah. Tidak akan bisa berjalan suatu proses pembelajaran di sekolah tanpa adanya guru, karena mereka merupakan faktor kunci dalam proses tersebut. Sedangkan keberhasilan dalam proses pembelajaran itu sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam me-manage kelas.
Untuk itu, persiapan terhadap tenaga guru merupakan suatu keharusan. Kesiapan tersebut baik secara kuantitas maupun kualitas. Dari sisi kuantitas, harus betul – betul diperhatikan masalah jumlah dan mata pelajaran yang diampunya. Karena hal ini akan terkait dengan masalah efektifitas dan efisiensi operasional sekolah. Penempatan orang yang benar pada posisi yang tepat harus menjadi perhatian yang serius dari pengelola sekolah.
Sementara itu, dilihat dari sisi kualitasnya yang harus dipersiapkan adalah kemampuan seorang guru dalam menjalankan fungsinya. Guru harus dapat memahami kurikulum dan materi pelajaran, penyampaian kepada murid, dan pertanggungjawabannya baik secara lisan maupun tulisan. Pada dasarnya, tinggi rendahnya kualitas guru yang dimiliki sebuah sekolah sangat menentukan keberhasilan murid –muridnya dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah tersebut.
Kurikulum
Kurikulum merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi sebuah sekolah untuk mencapai visinya. Sekolah harus memiliki kurikulum yang jelas, karena kurikulumlah yang akan mengarahkan sekolah dalam mencapai visinya tersebut. Untuk itu komponen ini harus termasuk ke dalam komponen utama yang harus dipersiapkan dari awal perencanaan pendirian sekolah.

Sarana Lainnya
Sarana pendukung lainnya yang harus dipersiapkan di antaranya adalah :
• Kelas, ruang kelas tidak harus berbentuk sebuah ruangan yang dibatasi oleh dinding - dinding.
• Laboratorium komputer, perbandingan komputer dengan murid setiap kelas minimal adalah 1
• Laboratorium IPA, dapat dipersiapkan secara bertahap berdasarkan prioritas kebutuhan.
• Perpustakaan, buku – buku dapat dipersiapkan secara bertahap.
• Lapangan sebagai sarana untuk kegiatan motorik murid.

Persiapan Awal
Hal – hal teknis yang perlu dipersiapkan menjelang awal berjalannya SMPI Siti Khadijah adalah :

1. Persiapan guru
Pembekalan dalam hal :
a. Pengenalan Kurikulum 2006 ( KTSP), meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, pemilihan materi pokok, metode pembelajaran, dan kegiatan evaluasi pembelajaran.
b. Penyusunan administrasi pembelajaran, meliputi pembuatan Program Tahunan, Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
c. Metode dan strategi pembelajaran, terkait dengan kreatifitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar murid, misalnya metode pembelajaran dan media belajar.


2. Kurikulum
Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kurikulum di SMP Islam Siti Khadijah, meliputi Kurikulum 2006 (Kurikulum Tingkat Satuan PendidikanlKTSP) dan Kurikulum Ke-Islaman sebagai penciri sekolah. Termasuk juga disini adalah program – program unggulan yang mungkin dilakukan dalam upaya mencapai visi dan misi sekolah.

3. Program – Program
Program merupakan sesuatu yang penting untuk menentukan jalannya pelaksanaan operasional sekolah. Untuk itu penyusunan program hares dilakukan sebelum sekolah berjalan. Sehingga semua yang terlibat dalam penyelenggaraan sekolah dapat berjalan sesuai dengan koridor yang ada untuk tercapainya semua visi dan misi sekolah.

DATA GURU DAN PEGAWAI PNS/NON PNS
KEADAAN JANUARI 2008
SEKOLAH : SMP.IUT – YHSK PADANG SIBUSUK
JUMLAH MURID : 11 ORANG
JUMLAH ROMBEL : 1 (SATU)
ALAMAT : Jln. Lintas Sumatera Km 9 Padang Sibusuk. Jorong Kapalo Koto Padang Sibusuk
(E-mail yhsk1@yahoo.com)
N
O NAMA NIP Tempat/
Tanggal
Lahir Pangkat/
Gol Terhitung
Mulai
SK CPNS Masa Kerja TAMAT Bidang
Studi Yang
Diajarkan Keterangan
Tahun Bulan Ijazah Jurusan Tahun
1 Hj. JASMELI JASI Pd. Sibusuk/
06-05-1942 8 SGA 1962 Kepsek

2 Dra. DES ANNA 132 233 033 Batu Bulat,
29-12-1963 Penata II/c /
2005 01-03-1999 9 11 S.1 /AIV Pend.
Biologi 1989 Gr. Biologi
dan Kesenian PNS
3 SRI RAHAYUNINGSIH Pd. Sibusuk,
17-04-1981 0 8 S.1 /AIV Kimia 2004 Gr. Fisika, Kimia ,
Matematika Gr. Kontrak
4 SEFNI MARLIAH Sungai Langsat,
06-09-1984 0 8 S.1 /AIV Pdd.
B. Inggris 2006 B. Inggris Gr. Kontrak
5 ADE FADHILLA Padang Panjang,
29-10-1974 0 8 S.1 /AIV Guru PAI 1997 Gr. PAI Gr. Honor
Komite
6 FARDIAN Pd. Sibusuk,
07-07-1979 0 8 D. I Komputer 1998 TIK/LABOR Gr.Tetap Yayasan
7 MELI. Y Pamuatan,
27-07-1984 0 4 S.1 STSI 2006 Seni Budaya Gr. Honor
Komite
8 YENI SUSANTI, SE Sawahlunto,
24-12-1975 0 2 S.1 /AIV Ekonomi 2002 IPS terpadu
dan PKN Gr. Honor
Komite
9 VENDRI ANCE Pd. Sibusuk,
27-09-1984 0 1 S.1 /AIV Pdd.
Olahraga 2007 Olahraga Gr. Honor
Komite
10 SALADIN Solok,
05-09-1966 0 1 S.1/AIV Pdd
Olahraga
Olahraga Kontrak

Padang Sibusuk 12 Januari 2008
Kepala Sekolah
SMP.IUT – YHSK Padang Sibusuk


Hj.JASMELI JASI

DAFTAR INVENTARIS SMP.IUT – YHSK

A. BANGUNAN
1. Gedung 1 buah
2. Ruang belajar 4 buah
3. Ruang kator kepala sekolah (belum ada)
4. Ruang pustaka/labor ( belum ada)
5. Ruang UKS (belum ada)
6. Kavetaria (belum ada)
7. Ruangan WC 6 buah

B. PERALATAN
1. Meja Murid 130 buah
2. Kursi murid 130 buah
3. Meja guru 5 buah
4. Kursi guru 5 buah
5. Almari kelas 5 buah
6. Almari Arsip 1 buah
7. Papan Tulis 6 buah
8. Papan Absen 1 buah
9. Meja tamu 1 stel

C. ALAT BANTU AJAR
semuanya belum memadai

KURIKULUM SMP.IUT – YHSK
1. Kurikulum Nasional
a. Bahasa Indonesia
b. PKn
c. Matematika
d. IPA (biologi, Fisika dan KImia)
e. IPS (sejarah, Ekonomi, Geografi)
f. Bahasa Inggris
g. Olahraga / Penjaskes
h. Kesenian (seni buadaya)
i. TIK

2. Pendidikan Agama Islam
a. Akidah Akhlak
b. Fiqih
c. Al-Qur’an Hadits
d. Sejarah Kebudayaan Islam
e. Bahasa Arab
f. Kemampuan Dakwa

3. Pendidikan muatan lokal
a. Muhadarah
b. Nasyid
c. Kaligrafi
d. Keterampilan pilihan lainnya
e. Dan lain-lain

Kepala SMP.IUT


Fardian, SE

Daftar Prestasi

PRESTASI YANG DIRAIH SD.IUT – YHSK
NO THN NAMA KEGIATAN TINGKAT PESERTA
KEC. KAB PROV NA.
1
2 2001 Lomba Praktek Sholat (HUT DEPAG)
- PA
- PI

-
-

1
3

-
-

-
-

Budi Wardiman
Masna Faradita
1 2002 Pawai Alegoris 2 - - - Group MIUT
2 2003 Mewarnai - 1 - - Sintia Putri Ayu
1
2
3
4
5
6
7 2004 Lomba Praktek Sholat (Hut Depag)
Lomba Baca Puisi (Thn Baru Hijriyah)
Lomba Cerdas Cermat (Thn Baru Hijriyah)
Lomba Sholat Jenazah
Lomba Sholat Jenazah
Olimpiade Matematika
Olimpiade IPA -
1
3
1
1
1
1 1
-
-
-
-
-
- -
-
-
-
-
-
- -
-
-
-
-
-
- Masna Faradita
Aysih Yulia Wadara
Khalil, Dedeg,Reska
Budi Wardiman
Budi Wardiman
M.I. Khalilullah
Reska Afriyanti
1
2
3
4
5
6
7 2005 Pramuka
- GUDEP
- Sholat Jenazah
- MSQ
- Pionering
- PBB
- Menjelajah
2
2
3
2
3
1
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Group MIUT
Group MIUT
Group MIUT
Group MIUT
Group MIUT
Group MIUT
8 Lomba Sholat Jenazah (perwakilan Kwaran Kupitan) 1 3 - - M.I. Khalilullah
10 MTQ (Tahun Baru Islam) 1 - - - Hafizhul Haq Alhamidi
11 PIDATO (Tahun Baru Islam) 1 - - - M. Rasyid Ridha
12 PBB (HUT RI Ke – 60 ) PI 1 - - - Group MIUT
13 PIDATO (Isra’ Mi’raj) 1 - - - Hafizhul Haq Alhamidi
14 PIDATO (Isra’ Mi’raj) 2 - - - M. Rasyid Ridha
15 Bola Kaki 1 - - - Group MIUT
16 Lomba Matematika (Pasiad) 1 - Finalis - M.I.Khalulullah
17 Lomba Sholat Shubuh (PA) 1 - - - Budi Wardiman
18 Lomba Sholat Shubuh (PI) 1 - - - Masna Faradita
19 Lomba Baca Ayat Pendek - 1 - - Hafiz ‘Iedzhafillah
20 Lomba Busana Muslim - 1 - - Sonia Trisia Jolanda
1 2006 Mengikuti Lomba Shalat Jenazah 1 - - - Hafiz ‘Iedzhafillah
2 Bola Kaki 2 - - - Group MIUT
3 Lomba Sholat Jenazah (Isra’ Mi’raj) 1 - - - Fiqqie Aulia
4 MTQ (Tahun Baru Hijriyah) PA 2 - - - M. Aulia Ichsan
5 MTQ (Tahun Baru Hijriyah) PI 1 - - - Regina Purnama
6 Olimpiade Matematika (Jalur B) 1 1 Seleksi - Dewi Liputadika
7 Olimpiade Matematika (Jalur B) - 2 - - Enggi Dwi Putra
8 Olimpiade IPA (Jalur B) 1 1 - - Richardo Jolanda
9 Olimpiade IPA (Jalur B) - 2 - - Hero Suspadana. B
10 Olimpiade Matematika (Jalur A) 1 1 - - Dewi Liputadika
11 Olimpiade IPA (Jalur A) 1 2 7 - Richardo Jolanda
12 Lomba UKS 1 1 - - MIUT – YHSk
13 Lomba IMTAQ (Lomba Cerdas Cermat) 1 2 - - Richaardo, Dewi Liputadika, M.Ridho
1 2007 Bela Diri 1 1 - - Surya Darma
2 Olimpiade MTK 1 2 Seleksi - Ridho
3 Olimpiade IPA 1 3 Seleksi - Hafiz
4 Shalat Subuh PA 1 - - - Hafizul Haq AlHamidi
5 Shalat Subuh PI 1 - - - Sara Aufa Wasilah
6 Pacu Karung 3 - - - Febri Fajar Ramadona
7 Pawai Alegoris 1 - - - Siswa SD.IUT
8 Cerdas Cermat Imtaq 1 1 Seleksi - Aziz, Ridho, Hafiz
9 Festifal Komputer 1 1 3 - Ilham Putra Wihanda
10 Pasiad Matematika 1 1 34 - Ridho
1 2008 Lomba Carlistung Kelas I 1,2,3 - Adel, Fadzan
2 Lomba Carlistung Kelas II 3 - Thoha
3 Lomba Pasiad Matematika 1 1 - Ridho
4

Padang Sibusuk, Januari 2008
Kepala SD.IUT – YHSK



Hj. JASMELI JASI

SD.IUT

SEKOLAH DASAR ISLAM UNGGUL TERPADU

Madrasah Ibtidaiyah Unggul Terpadu (MIUT) Yayasan Hajjah Siti Khadijah didirikan pada tahun 1999 atas permintaan orang tua murid TK dan masyarakat, dengan murid perdana 12 orang dari tamatan TK Al- Qur’an Yayasan Hajjah Siti Khadijah plus dibinah oleh 4 orang tenaga guru. Madrasah Ibtidaiyah Unggul Terpadu ini berkembang dengan pesat sekali. Pada tahun ke 8 ini Madrasah Ibtidaiyah Unggul Terpadu (MIUT) berganti nama manjadi Sekolah Dasar Islam Unggul Terpadu (SD.IUT) dengan jumlah murid terdiri dari 214 orang murid yang berasal dari negeri tetangga dalam Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung, dengan 19 orang guru dan pegawai. Dengan prestasi telah menamatkan murid kelas VI 2 periode dan mendapat hasil NILAI EBTANAS MURNI terbaik di kecamatan Kupitan dan termasuk yang baik di Kabupaten sawahlunto/Sijunjung. Dengan prestasi akademik yang sedemikian rupa didukung oleh penyelenggara administrasi yang relatif baik, maka SD.IUT – YHSK telah mengantongi status akreditasi B.

KURIKULUM SD.ISLAM UNGGUL TERPADU
A. POKOK
1. Pendidikan Agama Islam
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa dan Sastra Indonesia
4. Ilmu Pengetahuan Alam
5. Ilmu Pengetahuan Sosial
6. Matematika
7. Penjaskes
8. Keterampilan dan Kesenian
9. Buaya Alam Minangkabau

B. WAJIB
1. Al-qur’an Al-Hadits
2. Bahasa Arab
3. Bahasa Inggris
4. Sejarah Kebudayaan Islam
5. Hafiz Qur’an
6. Sempoa
7. Komputer (kelas III sampai Kelas VI)

C. PENDUKUNG
1. Terjemahan Al-Qur’an
2. Khatam Al-Qur’an
3. dan lain-lain

D. EKSTRAKURIKULER
1. Latihan Berpidato
2. Pramuka
3. Latihan P3K dengan Usaha Kesehatan Sekolah
4. Latihan Olahraga
5. Latihan Menghafal Al-qur’an dan seni Al-qur’an
6. Latihan Kesenian
7. Drum Band
8. Latihan lain-lain.

SARANA DAN PRASARANA SD.IUT – YHSK
Untuk memungkinkan berlangsungnya proses belajar mengajar pada SD.IUT – YHSK didukung oleh fasilitas-fasilitas sebaga berikut ;
1. Ruang Belajar sebanyak 7 lokal
2. Ruang Perpustakaaan (sangat sederhana)
3. Ruang Labor Komputer
4. Ruang kantor kepala Sekolah 1 ruangan
5. Ruang majelis guru (tidak representative)
6. Ruang Tata Usaha (Tidak representative)
7. Kantin sekolah (tidak representative)
8. WC
9. Sudut UKS
10. Ruang Labor IPA (belum ada)
11. Ruang keterampilan dan seni (belum ada)
12. Gedung Pertemuan/aula (belum ada)
13. Gudang
14. Ruang labor bahasa (belum ada)
15. Sebuah masjid

ALAT BANTU AJAR
1. Kurikulum Muatan Lokal Yayasan Hajjah Siti Khadijah
2. 8 Unit Komputer
3. Peratatan IPA
4. Buku pegangan Murid (jumlah tidak seimbang dengan banyak murid)
5. Peta Atlas, globe, chart, dan lain-lain.


DAFTAR GURU DAN PEGAWAI SD.IUT - YHSK
NO. NAMA/NIP L/P TEMPAT/
TGL. LAHIR JABATAN GOL
TMT SK. PERTAMA
TMT MASA KERJA
GOL) Tugas
Di kelas LAMA
Di SD.IUT

01 Hj. JASMELI JASI P Pd. Sibusuk/
06-05-42 Kep. Sekolah - - - - I s/d VI 01-09-01
02 SYAHLAN, A.Ma/
150 364 717 L Pmt Panjang /
31-05-1976 Guru
Agama II.b /01-04-2005 01-01-2005 4 0 I s/d VI 01-07-05
03 MAHANI, S.Ag/
410039922 P Tanjung/
13-11-1970 Guru Kelas III.a/01-01-2008 26-01-2008 4 5 IV 01-04-2008
04 NURADI/
410 039 816 L Kediri/
27-11-1967 Guru Kelas II.a/01-01-2008 21-01-2008 4 5 III 01-04-2008
05 ERMAWATI/
410039483 P Swl/Sijunjung/
04-07-1966 Guru Kelas II.a/01-01-2008 14-01-2008 3 0 II 01-04-2008
06 RAMADHANI/
410039808 P Pd. Sibusuk/
03-01-1970 Guru Kelas II.a/01-01-2008 21-01-2008 4 5 I.B 01-04-2008
07 DESMAYETTI, S. Pd P Pd. Sibusuk/
08-04-71 Guru Kelas - - - - VI 01-07-00
08 HELFA SUKMA, S Ag P Pd. Sibusuk/
23-06-68 Guru Kelas - - - - V 01-07-00
09 ERIZAL D, S Ag L Pd. Sibusuk/
03-01-75 Guru
Bid. Studi - - - - I s/d VI 16-07-01
10 HANIF PADRI, S.Si L Pd. Sibusuk/
16-02-78 Guru
Bid. Studi - - - - I s/d VI 18-02-04
11 FARDIAN L Pd. Sibusuk/
07-07-79 Guru
Komputer - - - - III s/d VI 01-04-03
12 ALFIANTI P Pd. Sibusuk /
25-07-72 Bendahara/
Pramuka - - - - - 01-07-03
13 HARMELLIZA,A.Ma P Solok/
01 –11-85 Guru Kelas - - - - IA 08-05-05
14 DEWI KURNIA,S.Hum P Pd.Sibusuk/
06-06-82 Guru BAM - - - - III s/d VI 05-08-05
15 ANDRI, MS L Payakumbuh/
07-05-61 Guru
B. Inggris - - - - II s/d VI 01-08-07
16 MELLI. Y P Pamuatan / Guru
Kesenian - - - - I s/d VI 01-08-07
17 IKHWANA SYARIF P Padang/
28 -08-1986 Perpusta
kaan - - - - - 24-08-07
18 VENDRI ANCE L Pd. Sibusuk/
27-09-1984 Guru
Penjaskes - - - - I s/d VI 15-01-08

TK Al-Qur'an

LATAR BELAKANG BERDIRINYA TAMAN KANAK-KANAK AL-QUR’AN
HAJJAH SITI KHADIJAH

Taman Kanak-kanak Yayasan Hajjah Siti Khadijah didirikan pada tahun 1991 atas permintaan masyarakat dan pemerintah dengan murid perdana 32 orang dari Kenagarian Padang Sibusuk dan sekitarnya dibinah oleh 3 orang tenaga guru. Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Hajjah Siti Khadijah ini berkembang dengan pesat sekal. Pada tahun ke 16 ini terdiri dari 127 orang murid yang berasal dari negeri tetangga dalam Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung, dengan 7 orang guru dan pegawai. Dengan prestasi telah menamatkan murid TKA 16 priode sekitar 1600 orang murid
Adapun beberapa alasan didirikannya TKA – YHSK ini adalah :
1. Kebutuhan masyarakat, karena dilihat sudah banyak anak-anak dan remaja maupun orang tua yang tidak bias membaca Al-Qur’an
2. dan didorong dengan adanya metode baru cara membaca Al-Qur’an dengan cepat yang berasal dari Yogjakarta yaitu metode IQRA’ yang semasa itu belum ada di Sumatera Barat.
3. Sekaligus melestarikan dan menghidupkan kembali sekolah yang bernafaskan agama di Kenagarian Padang Sibusuk khususnya dan di kecamatan kupitan umumnya. Yang sudah dirintis oleh keluarga besar H. Muhammad Thaib dan keluarga sejak zaman Belanda, yang bertempat di Tanjung Medan Padang Sibusuk.
4. Direncanakan sekolah ini insya Allah akan menjadi embrio untuk sampai kejenjang perguruan tinggi

VISI, MISI DAN TUJUAN
VISI :
Mempersiapkan Sekolah Sebagai Pusat Keunggulan yang mampu menyiapkan/ Mengembangkan daya insani yang berkualitas dibidang IPTEK dan IMTAQ
MISI :
Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi mutu baik Ilmu maupun secara Moral dan Sosial sehingga mampu menyiapkan dan mengembangkan sumber daya yang berkualitas dibidang IPTEK dan IMTAQ
TUJUAN :
1. Menyiapkan landasan Rohani, Emosi, Pengetahuan Dasar bagi anak sebagai generasi yang mencintai Allah dan dicintai Allah
2. Membina dan membentuk anak menjadi muslim yang ideal, muslim yang benar-benar menghayati Al-Qur’an dalam kehidupan Sehari-hari.
KURIKULUM
Kurikulum mengacu kepada kurikulum Taman Kanak-kanak Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Pendidikan Agama secara utuh dan diperkaya dengan kurikulum muatan lokal yang menjadi ciri khas TK Al-Qur’an Yayasan Hajjah Siti Khadijah yaitu sebagai berikut :
1. Sikap perilaku
2. Kemampuan dasar berbahasa
3. Kemampuan Dasar daya fikir
4. Kemampuan dasar keterampilan
5. Kemampuan dasar daya cipta
6. Kemampuan dsar jasmani
7. Mengenal sebanyk-banyaknya ciptaan Allah SWT
8. Nama dan Tugas Malikat
9. Sejarah dan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW
10. Surat-surat Pendek dalam Al-Qur’an
11. Mengenal Isi ajaran Al-Qur’an sejarah turunnya.
12. Membaca Al-Qur’an
13. Mengenal kehidupan akhirat
14. Mengucapkan dua kalimah syahadat
15. Gerakan sholat dan bacaannya
16. Mengenal puasa
17. Menganal Zakat
18. Mengenal do’a harian
19. Mengucapkan kalimat Thoyyibah

TENAGA PENGAJAR
Demi tercapainya tuntutan kurikulum di atas, maka TK Al-Qur’an Yayasan Hajjah Siti Khadijah memiliki tenaga Pengasuh yang relative baik, berpengalaman yang tidak hanya menguasai bidangnya tetapi juga siap untuk berjuang menjadi pendidik sejati dengan memberikan pelayanan pendidikan yang se-optimal mungkin.
Tenaga pengajar dan pegawai di TK Al-Qur’an Yayasan hajjah Siti Khadijah saat ini 7 orang
Kepala Sekolah 1 orang
Wali Kelas 4 orang
Penangung jawab Iqra’ 2 orang

PROGRAM EKTRA KURIKULER
Untuk memantapkan kegiatan Intra Kurikuler dan lebih membina bakat masing-masing peserta didik, maka TK Al-Qur’an Yayasan Hajjah Siti Khadijah menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai berikut :
1. Kegiatan bermain
2. Kegiatan perpustakaan
3. Kegiatan menggambar
4. Kegiatan Penyelengaraan sholat
5. Kegiatan membaca Al-Qur’an
6. Kegiatan lain dalam mengikuti perlombaan dan pertandingan.

INVENTARIS TK AL-QUR’AN YAYASAN HAJJAH SITI KHADIJAH PADANG SIBUSUK
A. BANGUNAN
1. Gedung 1 buah
2. Ruang belajar 4 buah
3. Ruang kantor 1 buah
4. Ruang pustaka 1 sudut
5. Rang UKS 1 sudut
6. Kavetaria 1 buah
B. PERALATAN
1. Meja murid 56 buah
2. Kursi murid 100 buah
3. Meja guru 5 buah
4. Kursi guru 5 buah
5. Almari 5 buah
6. Rak buku 10 buah
7. Papan Tulis 4 buah
8. Papan Absen 4 buah
9. Papan statistik 2 buah
10. Alat-alat bermain 10 Set

C. ALAT BANTU AJAR
Alat Bantu ajar kurang memadai



DATA TENAGA PENGAJAR/PEGAWAI : TK Al-Qur’an Hj. Siti Khadijah
KECAMATAN : Kupitan


NO NAMA
GURU/PEGAWAI/NIP L
/
P TEMPAT TGL. LAHIR PENDIDIKAN
TERAKHIR/
JURUSAN/TAHUN JABATAN GOL TGL MULAI
BERTUGAS ALAMAT KET
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
01 Efzul Diana P Padang Sibusuk,27-09-1969 LP2PSD KEPSEK - 01-07-1992 Padang Sibusuk
02 Ahmad Syukri L Padang Sibusuk, 17-08-68 Thawalib Guru - 01-07-1991 Padang Sibusuk
03 Heni Sari P Padang Sibusuk, 23-02-1970 SMA Guru - 05-10-1996 Padang Sibusuk
04 Riza Herawati P Padang Sibusuk, 24-01-1976 SMA Guru - 18-07-2005 Padang Sibusuk
05 Syaktria Arlita P Padang Sibusuk, 05-05-1981 SMU Guru - 01-08-2002 Padang Sibusuk
06 Ramadhani, A.ma
Nip. 410 017 357 P Padang, 20-08-1976 D2 PGTKI Adzkia Guru II/b 12-11-2005 Padang Sibusuk
07 Yuni Fitriza P Padang Sibusuk, 25-06-1984 PGTK Guru - 01-10-2006 Padang Sibusuk
08 Gusniar P Paang Sibusuk SD Penjaga - Padang Sibusuk


Padang Sibusuk, Januari 2008
KEPALA TK AL-QUR’AN
Hj. SITI KHADIJAH



EFZUL DIANA

PLAY GROUP Islam

Sekilas tentang Play Group Islam Yayasan Hajjah Siti Khadijah
Padang Sibusuk

Play Group ini berdiri bersamaan dengan SMP.IUtT yaitu tahun ajaran 2007/2008 dan peresmiannya oleh Bupati Sawahlunto/Sijunjung saat itu. Dengan di dasari kepada undang-undang No. 20 tahun tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional. Yang dititik beratkan pada point Pendidikan Usia Dini (PAUD). Alasan lain adalah Yayasan Hajjah Siti Khadijah bermaksud ingin mendirikan sebuah perguruan yaitu pendidikan serumpun yakni pendidikan yang dimulai dari Dini sampai ke Jenjang Perguruan Tinggi. Yayasan hajjah Siti Khadijah satu satunya Yayasan di Kabupaten Sijunjung yang bergerak dalam bidang pendidikan serumpun.
Terbukti pada awal berdiri, penerimaan murid mencapai 25 orang dengan tenaga pendidik 3 orang, kemudian dalam waktu berjalan mesih banyak orang tua yang memasukkan anak nya sehingga murid selalu bertambah.

I. IDENTITAS
A. NAMA PAUD : PLAY GROUP ISLAM HJ. SITI KHADIJAH
B. ALAMAT : JL. LINTAS SUMATERA PADANG SIBUSUK
JORONG TAPI BALAI
C. STATUS : SWASTA
D. TAHUN BERDIRI : JULI 2007
E. PENYELENGGARA : PENGURUS PAUD PLAY GROUP ISLAM
HJ. SITI KHADIJAH
F. WAKTU PENYELENGGARA : SELAMA 3 BULAN
G. STATUS GEDUNG : MILIK SENDIRI

II. KEADAAN PENGELOLAH :
N
O PENGELOLA L/P UMUR PENDIDIKAN PEKERJAAN ALAMAT KET

1.

2.

3.
HJ. JASMELI JASI

HENI SARI

ALFIANTI
P

P

P
65 TH

37 TH

35 TH
SGA

SMA

SMEA
PENSIUNAN GURU
GURU TK

TU YHSK
JR. TAPI BALAI

PD. SIBUSUK

PD. SIBUSUK





III. KEADAAN KETENAGAAN
N
O PENGELOLA L/P UMUR PENDIDIKAN PEKERJAAN ALAMAT KET

1.

2.

3.
DEWITA PUTRI,A.Ma

RIFKA SARI

ROSMAITA
P

P

P
28 TH

27 TH

42 TH
DII PGTK/06

PGTKI/RA

SMA
KEPALA PLAY GROUP
GURU PLAY GROUP
GURU PLAY GROUP
Jr. Tapi balai

Jr. Tapi balai

Simancung

IV. KEADAAN MURID
NO URAIAN BANYAK MURID JUMLAH
L P
1 MURID AWAL BULAN JULI 2007
KELUAR DALAN BULAI JULI 2007
MASUK DALAM BULAN JULI 2007 12
2
- 10
-
- 23
2
-
2 MURID AWAL BULAN AGUSTUS 2007
KELUAR DALAN BULAI AGUSTUS 2007
MASUK DALAM BULAN AGUSTUS 2007 11
-
3 10
-
1 21
-
4
3 MURID AWAL BULAN AGUSTUS 2007 14 25

V. ABSEN MURID
NO BULAN ABSEN KETERANGAN
s I A Jml
OKTOBER 2007
NOFEMBER 2007
DESEMBER 2007
Persen

VI. KEADAAN GEDUNG
1. Permanen/Semi Permanen : Permanen
2. Renovasi Sendiri/Disewakan : -
3. Banyak Ruang : 3 (tiga)

VII. KEADAAN RUANGAN
1. Ruang Kantor : 1 (Satu)
2. Permanen/Semi Permanen : Permanen
3. Air : Ada (PDAM)
4. WC : Ada (2 Buah)
5. Gedung : Milik Sendiri

VIII. BANYAK GURU
1. Guru Negeri : -
2. Guru yang diperbantukan : -
3. Guru Yayasan : 3 orang
Jumlah : 3 orang

IX. BANYAK HARI SEKOLAH : Juli 12, Agustus 21, September ……

X. ALAT-ALAT
Di dalam Ruangan :
a. Meja dan kursi tamu/Murid : Tidak ada
b. Meja dan kursi guru : Ada
c. Lemari besi : -
d. Papan tulis besar : Ada (2 buah)
e. Papan tulis kecil : Ada (3 Buah)
f. Lemari kaca : -
g. Tempat cuci tangan : Ada (1 Buah)
h. Sudut kegiatan : Ada
Di Luar Ruangan :
a. Ayunan : Ada (2 buah)
b. Jungkitan : -
c. Peluncuran : Ada (2 buah)
d. Kolam Bola : Ada (1 buah)

Padang Sibusuk, Desember 2007

Pengelola
Play Group Islam Hj. Siti Kahdijah




Hj. JASMELI JASI

Struktur

STRUKTUR ORGANISASI
YAYASAN HAJJAH SITI KHADIJAH

- Pembina : 1. H. Abdoellah Hamidy
2. H. Muhyiddin Hamidy
- Pengawas : H. Syoekoer Hamidy
- Pengurus : Ketua : H. Akmam Dahlan
Sekretaris : H. M. Sukma Hamidy
Bendahara : Hj. Marlia Dahlan

- KA. Perwk Padang : Drs. CH. Elyunus Asmara, SH

- Wali Amanat : 1. Ir.H.M.Iqbal Hamidy,MM
2. Mukhlis Catio, M.Ed
3. Drs. Hardiwan
4. Rahmanuddin, MM
5. Darmiyus, SH

- Kabid Pendidikan : Muharman, SE
- Pengawas Pendidkan : Hj. Jasmeli Jasi
- Play Group : Dewita Putri, A.ma
- TK Al-Qur’an : Efzul Diana
- SD.IUT : Desmayetti, S.Pd
- SMP.IUT : Fardian, SE

Latar Belakang

LATAR BELAKANG BERDIRINYA
YAYASAN HAJJAH SITI KHADIJAH

Kelahiran Yayasan Hajjah Siti Khadijah, tidak mungkin terlepas dengan rasa keprihatinan yang sangat mendalam terhadap kondisi ummat Islam umumnya dan Padang Sibusuk khususnya. Pada tahun 1991, pada saat itu adalah puncak kejayaan Orde Baru, dimana ummat tidak bebas mengekspresikan ketaatannya kepada agama karena keharusan berazaskan pancasila. Kondisi ini telah memandulkan Alam Minangkabau dari melahirkan putra-putra terbaiknya di bidang agama maupun politik. Pada abad ke 20 kondisi Alam Minangkabau merupakan perintis di kedua bidang ini, namun setelah kemerdekaan justru telah menyusutkan posisinya pada posisi yang sangat memprihatinkan.
Yayasan Hajjah Siti Khadijah yang berkonsentarasi pada Pendidikan, Keagamaan, kemanusiaan dan social mencoba menjawab tantangan ini dengan mendirikan TK Al-Qur’an. Pada tahun 1999 atas pemintaan wali murid TK Al-Qur’an dan masyarakat serta pihak terkait didirikanlah sekolah setingkat SD yaitu Madrasah Ibtidaiyah Unggul Terpadu (MIUT), Namun perjuangan tidak sampai di situ, pada awal tahun 2007 ini Nama MIUT Diganti menjadi SD.IUT (Sekolah Dasar Islam Unggul Terpadu) sejalan dengan didirikan lagi Sekolah Menengah Pertama Islam Unggul Terpadu (SMP.IUT).
1. Play Group Islam (PGI –YHSK)
Play Group Islam Yayasan Hajjah Siti Khadijah Padang Sibusuk berdiri pada tahun 2007 bersamaan dengan beririnya SMP.IUT – YHSK. Diawal tahun berdirinya PGI mempunyai murid sebanyak 30 orang dan sudah memiliki beberapa prestasi, baik itu tingkat kecamatan maupun tinggkat Kabuaten Sawahlunto/Sijunjung
2. TK Al-Qur’an
Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Yayasan Hajjah Siti Khadijah didirikan pada tahun 1991 dengan perserta didik berasal dari daerah sekitar Nagari Padang Sibusuk dalam kabupaten sawahlunto/Sijunjung. TK Al-Quran ini boleh dikatakan sebagai motor lahirnya TK Iqra’ (Metoda Iqra’) di Sumatera Barat, terbukti dengan lulusan pertama di Wisuda oleh Bapak Gubernur Azwar Anas di Padang.
3. MIUT (Madrasah Ibtidaiyah Unggul Terpadu)
Madrasah Ibtidaiyah Unggul Terpadu ini lahir diawali adanya permintaan wali murid, masyarakat sebagai lanjutan dari TK Al-Qur’an yaitu pada tahun 1999 dengan peserta didik 12 orang plus 3 orang tenaga pengajar. Melihat sepak terjang MIUT ini pada tahun kedua berdiri peminat melonjak menjadi 3 kali lipat. Alhamdulillah sampai saat ini pada tahun kedelapan telah melepas lulusan 2 angkatan/periode. Berkat kerjasama Kepala, Majelis Guru serta Masyarakat/walimurid MIUT mendapat peridiket terbaik NEM EBTANAS untuk tingkat Kecamatan dan salah satu dari yang terbaik di Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung.
Berbicara tentang prestasi, cukup banyak prestasi akademik yang yang diraih, baik di tingkat Kecamatan maupun di tingkat Kabupaten. Alhamdulillah sudah diperhitungkan pada tingkat propinsi. Insyah Allah kedepan akan berbicara pada tingkat Nasional, Amin. Pada tahun Pelajaran 2007/2008 MIUT menganti Nama menjadi SD.IUT dengan membuka 2 (dua) lokal untuk kelas I (IA & IB) karena mengingat banyaknya peminat. Dan jumlah murid dari kelas I sampai kelas VI sekarang adalah 209 orang. terbanyak di Kecamatan Kupitan dan lima besar di Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung.
4. SMP.IUT (Sekolah Menengah Pertama Islam Unggul Terpadu)
Lahirnya SMP.IUT ini tidak jauh berbeda dengan lahirnya TK dan MIUT yaitu atas permintaan masyarakat/Wali murid serta tuntutan Departemen Pendidikan nasional (Wajib belajar 9 tahun) dalam hal ini Sekolah Satu Atap (SSA). Yayasan Hajjah Siti Khadijah mencoba mengawali dan memulai tuntutan ini. Terbukti pada awal tahun 2007 SMP.IUT didirikan dan telah dimulai kegiatan belajar mengajar dengan 6 orang tenaga pengajar yang sudah lulus uji kompetensi dan dari berbagai disiplin ilmu. Mengawali kegiatan PBM pada tahun 2007 ini peserta didik sebanyak 12 orang, sama persis dengan jumlah murid MIUT waktu pertama kali difungsikan. Mudah-mudahan SMP.IUT ini menyamai bahkan menandingi langkah dan kiprah MIUT/SD.IUT. Insyah Allah

Terhakhir kesemua itu tidak lepas dari ciri keislaman ( Islam Unggul terpadu) yaitu terpadu antara Akhlaq, Iman dan Taqwa, Iman dan Teknologi, sehingga lahir sebuah motto “ MEMBINA AKHLAQ, MERAIH PRESTASI” Semoga apa yang menjadi cita-cita dan harapan Yayasan terwujud tentunya dengan bantuan semua pihak terutama Pemerintah. Amin.

Sekapur Sirih

Sebuah referensi tertulis tentang suatu pertumbuhan dan kiprah Yayasan Hajjah Siti Khadijah menjadi impian penyusun sejak lama, namun baru pada kesempatan ini Allah SWT memberikan peluang-Nya. Penulisan ini penting karena beberapa hal. Pertama sebagai bahan pertanggung jawaban pengurus kepada Donatur dan ummat serta masyarakat dan pemerintah atas komitmen yang diberikannya, sekaligus sebagai sumber informasi aktua dan factual tentang keberadaan dan kiprah Yayasan ini.Regenrasi biasanya membawa konsekwensi logis baik positif maupun negative terhadap keberadaan Yayasan ini. Kedua, untuk menghindari pemahaman dan penafsiran serta tindakan yang keliru, bagaimana dan untuk apa yayasan ini didirikan. Kemudian sebagai barometer untuk mengukur sejauh mana nilai-nilai perjuangan telah disepakati oleh The Founding father. Ketiga ketika ada aksi maka akan timbul beragam reaksi masyarakat terhadap kiprah yayasan ini. Dipastikan ada positif dan ada negatif. Positif artinya perlu dipelihara kemapanan cara pandang mereka, sedangkan negatif maksudnya menjadi jembatan untuk membuat pandangan mereka menjadi lebih positif. Keempat mudah-mudahan dengan informasi yang faktual tentang kiprah yayasan ini dapat lebih menggugah perhatian para donator dan Pemerintah untuk mewujudkan komitmen mereka terhadap arti pentingnya pendidikan yang berkualitas menjadi sebuah political Action, artinya menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama dalam pembangunan yang berazaskan Al-Qur’an Hadits dan pancasila.

Akhirnya penyusun berterima kasih kepada pihak-pihak yang terkait dan masyarakat serta rekan-rekan di Yayasan Hajjah Siti Khadijah yang telah mendorong menyelesaikan Profil Yayasan ini yang terkait dengan dunia kependidikan. Banyak sekali kekurangan dalam pemaparan ini, kritik dan saran dari semua pihak sangat diharapakan demi kesempurnaan di masa yang akan datang, terima kasih

Padang Sibusuk, Januari 2008

Dto

Penyusun