Kamis, 21 Mei 2009

SMP.IUT

LATAR BELAKANG
Maju mundurnya suatu negara sangat ditentukan oleh kualitas dari masyarakat atau rakyat negara tersebut. Hubungan rakyat dengan negara cenderung berbanding lurus. Ini artinya, jika rakyatnya memiliki kualitas yang baik biasanya negara tersebut juga cenderung tergolong negara yang maju. Dan sebaliknya, jika kualitas rakyatnya masih rendah dengan sendirinya kondisi negara tersebut juga relatif susah untuk berkembang ke depannya.
Kualitas rakyat atau masyarakat suatu negara tidak lepas dari tinggi rendahnya kualitas pendidikan yang terlaksana di negara itu. Sedangkan kualitas pendidikan itu sendiri sangat ditentukan oleh kualitas sekolah - sekolah sebagai penyelenggaranya. Sehingga dengan sendirinya untuk dapat meningkatkan kualitas masyarakat dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas dari sekolah – sekolah yang ada di negara tersebut.
Indonesia sama halnya dengan negara – negara lainnya, juga mengalami persoalan yang sama terkait dengan masalah kualitas rakyat atau bangsanya. Salah satu persoalan yang mendasar yang dihadapi negara Indonesia saat ini adalah kualitas masyarakatnya yang masih rendah, baik secara keimanan, keilmuan, maupun akhlaknya. Untuk itu diperlukan adanya sebuah proses perubahan secara berkelanjutan dan terus menerus. Dan proses ini dapat dilakukan, salah satunya melalui sebuah proses pendidikan yang berkesinambungan berupa pembentukan generasi melalui sekolah.
Yayasan Siti Khadijah yang merupakan yayasan yang salah satu bidang kegiatannya adalah pendidikan, berusaha untuk melakukan proses pendidikan yang berkesinambungan tersebut melalui pendirian sekolah. Karena yayasan memandang sekolah merupakan sarana yang tepat untuk melaksanakan proses pendidikan yang berkesinambungan tersebut di atas.
Yayasan Siti Khadijah mengawai proses pendidikan ini dengan mendirikan sekolah Islam swasta pertama di wilayah kabupaten Sawahlunto Sijunjung, yaitu Taman Kanak – Kanak Al Qur'an (TKA) Siti Khadijah. Kemudian dilanjutkan dengan beroperasi Madrasah lbtidaiyah Swasta (MIS) Siti Khadijah. Keberhasilan dalam proses pendidikan yang dilakukan di kedua sekolah ini, adalah dengan adanya pengakuan dari Bupati Kabupaten Sawahlunto Sijunjung sebagai sekoiah yang diunggulkan balk dari sisi keimanan maupun dari sisi keilmuannya.
Tindak lanjut dari keberhasilan proses pendidikan yang telah dilakukan selama ini, dan dalam upaya mewujudkan suatu proses pendidikan Islam yang berkelanjutan, maka mulai Tahun Pelajaran 2007 / 2008 ini akan di operasikan Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Siti Khadijah. Sekolah ini diharapkan dapat menjadi penerus dalam pelaksanaan proses pendidikan Islam yang berkelanjutan di Yayasan Siti Khadijah. Dan sebagai SMP Islam swasta pertama di wilayah Kabupaten Sawahlunto Sijunjung, diharapkan sekolah ini betul - betul dapat menjadi motor penggerak sekolah – sekolah Islam di wilayah Kabupaten Sawahlunto Sijunjung.

VISI
Membentuk generasi Islam yang unggul dalam Iman, Ilmu, dan Amal.
MISI
1. Menanamkan pemahaman tentang hak dan kewajiban sebagai generasi Islam yang tercermin dalam perilaku keseharian.
2. Menanamkan pemahaman tentang hak dan kewajiban sebagai generasi Islam yang tercermin dalam perilaku keseharian.
3. Menanamkan konsep – konsep dasar Iptek yang sederhana sebagai langkah awal untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
4. Menanamkan konsep dasar kemandirian dan kepemimpinan, baik secara individu maupun secara kelompok.
5. Mengembangkan semangat Islam melalui pendidikan generasi muda.

SASARAN
1. Membangun sekolah setingkat SMP yang memiliki karakter ke-Islaman yang kuat.
2. Menjadikan sekolah sebagai salah satu alternatif dalam pembentukan karakter.
3. Sebuah sekolah yang menjadi pilihan pertama dalam upaya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
4. Menjadi salah satu sarana untuk mengasah kemampuan berorganisasi dan bermasyarakat.
TUJUAN
Tujuan sepuluh tahun :
1. Menjadi salah satu SMP Unggulan di Propinsi Sumatera Barat.
2. Memiliki berbagai macam prestasi secara akademik dan non akademik di tingkat propinsi dan nasional.
3. Menjadi salah satu sekolah acuan bagi sekolah – sekolah setingkat SMP, khususnya SMP Islam di Sumatera Barat.

Tujuan lima tahun :
1. Menjadi salah satu SMP Unggulan di Kabupaten Sawahlunto Sijunjung.
2. Secara umum llusan diterima di SMA - SMA Unggulan di Kabupaten Sawahlunto-Sijunjung dan sekitarnya.
3. Unggul dalam berbagai macam prestasi di Kabupaten Sawahlunto-Sijunjung dan sekitarnya, baik di bidang akademik maupun non akademik.

Tujuan tiga tahun :
1. Akreditasi A untuk sekolah setingkat SMP.
2. Lulusan sudah mulai diterima di SMA - SMA Unggulan di Kabupaten Sawahlunto-Sijunjung dan sekitarnya.
3. Mulai dikenal masyarakat Kecamatan Kupitan dan sekitarnya sebagai salah satu sekolah Islam pilihan.

TARGET TAHUN 2007 / 2008
Bidang Kurikulum
1. Tersusunnya sebuah kurikulum pembelajaran khas SMPI Siti Khadijah (khusus untuk mata pelajaran di luar kurikulum diknas)
2. Melengkapi sarana dan prasarana penunjang untuk pencapaian target kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.

3. Proses belajar mengajar sudah berjalan dengan lancar dan tertib sesuai dengan yang direncanakan.
4. Meluluskan angkatan pertama dengan tingkat keluusan 100 %.

Bidang Kesiswaan
1. Tersusunnya kegiatan ekstra kurikuler yang relatif tetap sebagai penunjang kegiatan kurikuler.
2. Melengkapi sarana dan prasarana penunjang dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler.
3. Kegiatan ekstra kurikuler sudah berjalan dengan lancar dan tertib sesuai dengan yang direncanakan.
4. Siswa sudah mulai memperlihatkan prestasinya dalam berbagai macam kompetisi di Kabupaten Sawahlunto-Sijunjung.

ASPEK KEUNGGULAN
1. Keimanan
Meliputi :
a. Hapal AI Qur'an, hadits, dan do'a pilihan.
b. Memiliki akidah yang lurus.
c. Mampu membimbing pelaksanaan ibadah.
d. Memiliki kesadaran terhadap persoalan sosial.
e. Mampu berbahasa Arab dengan baik.

2. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Meliputi :
a. Menguasai konsep dasar IPTEK.
b. Menguasai Pengetahuan Internet/Jaringan/LAN/Net support dll
c. Memiliki kebiasaan belajar yang baik.
d. Mampu berbahasa Inggris yang baik.
e. Hasil akademik memuaskan.

3. Kepemimpinan
Meliputi :
a. Kemandirian.
b. Komunikasi verbal dan non verbal.
c. Memecahkan masalah.
d. Pengambilan keputusan.

KURIKULUM DAN TARGET KHUSUS SEKOLAH
1. Kurikulum
Pada dasamya kurikulum diknas yang digunakan di SMPI Siti Khadijah sama dengan kurikulum nasional. Namun untuk pendalaman dan pengembangan terhadap penguasaan murid, dilakukan beberapa penyesuaian, diantaranya adalah :
a. Beberapa mata pelajaran dilakukan penambahan jam, diantaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Bain&
b. Untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan pengembangan, yang meliputi
• Hafalan AI Qur'an, hadits, dan do'a pilihan
• Pengetahuan keagamaan
• Akidah dan Akhlak Islam
• Ibadah
c. Ekstra kurikuler terdiri dari ekstrakurikuler wajib dan pilihan, meliputi :
Komponen W/P Kelas
7 8 9
jumalistik W V V
bela diri W V V V
KIR W V V V
kemandirian W V V V
muhadharah W - V V
kaligrafi , P V V
nasyid/puisi/ seni lainnya P V V
sepak bola,volley,dan olahraga lainnya P V V


2. Target Khusus Sekolah tiga tahunan
Aspek Kelas
7 8 9
Hapalan :
AI Qur'an
Hadits 50 % 1/3 juz
3 hadits 40 % dari kls 7 2/3 juz
7 hadits 30 % dan kls 8 1 juz
10 hadits
Ibadah Kultum imam shalat
ceramah asisten tahfidz
khatib jum'at
Kurban 5 % 20 % 30
KIR survey eksperimen karya Tulis
jumalistik resume artikel karya tulis
Minat membaca 2 bk (fiksi/non fiksi) 2 bk (fiksi/non fiksi) 2 bk (fiksi/non fiksi)
bela diri kuning hijau hijau

PERENCANAAN DAN PERSIAPAN ALAT / KELENGKAPAN SEKOLAH
Untuk mewujudkan SMPI Siti Khadijah seperti yang dijelaskan di atas, perlu adanya perencanaan dan persiapan terhadap semua komponen yang dibutuhkan, baik fisik maupun non fisik. Hal – hal yang perlu dipersiapkan di antaranya :

GURU
Guru merupakan ujung tombak dalam sebuah proses pembelajaran di sekolah. Tidak akan bisa berjalan suatu proses pembelajaran di sekolah tanpa adanya guru, karena mereka merupakan faktor kunci dalam proses tersebut. Sedangkan keberhasilan dalam proses pembelajaran itu sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam me-manage kelas.
Untuk itu, persiapan terhadap tenaga guru merupakan suatu keharusan. Kesiapan tersebut baik secara kuantitas maupun kualitas. Dari sisi kuantitas, harus betul – betul diperhatikan masalah jumlah dan mata pelajaran yang diampunya. Karena hal ini akan terkait dengan masalah efektifitas dan efisiensi operasional sekolah. Penempatan orang yang benar pada posisi yang tepat harus menjadi perhatian yang serius dari pengelola sekolah.
Sementara itu, dilihat dari sisi kualitasnya yang harus dipersiapkan adalah kemampuan seorang guru dalam menjalankan fungsinya. Guru harus dapat memahami kurikulum dan materi pelajaran, penyampaian kepada murid, dan pertanggungjawabannya baik secara lisan maupun tulisan. Pada dasarnya, tinggi rendahnya kualitas guru yang dimiliki sebuah sekolah sangat menentukan keberhasilan murid –muridnya dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah tersebut.
Kurikulum
Kurikulum merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi sebuah sekolah untuk mencapai visinya. Sekolah harus memiliki kurikulum yang jelas, karena kurikulumlah yang akan mengarahkan sekolah dalam mencapai visinya tersebut. Untuk itu komponen ini harus termasuk ke dalam komponen utama yang harus dipersiapkan dari awal perencanaan pendirian sekolah.

Sarana Lainnya
Sarana pendukung lainnya yang harus dipersiapkan di antaranya adalah :
• Kelas, ruang kelas tidak harus berbentuk sebuah ruangan yang dibatasi oleh dinding - dinding.
• Laboratorium komputer, perbandingan komputer dengan murid setiap kelas minimal adalah 1
• Laboratorium IPA, dapat dipersiapkan secara bertahap berdasarkan prioritas kebutuhan.
• Perpustakaan, buku – buku dapat dipersiapkan secara bertahap.
• Lapangan sebagai sarana untuk kegiatan motorik murid.

Persiapan Awal
Hal – hal teknis yang perlu dipersiapkan menjelang awal berjalannya SMPI Siti Khadijah adalah :

1. Persiapan guru
Pembekalan dalam hal :
a. Pengenalan Kurikulum 2006 ( KTSP), meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, pemilihan materi pokok, metode pembelajaran, dan kegiatan evaluasi pembelajaran.
b. Penyusunan administrasi pembelajaran, meliputi pembuatan Program Tahunan, Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
c. Metode dan strategi pembelajaran, terkait dengan kreatifitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar murid, misalnya metode pembelajaran dan media belajar.


2. Kurikulum
Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kurikulum di SMP Islam Siti Khadijah, meliputi Kurikulum 2006 (Kurikulum Tingkat Satuan PendidikanlKTSP) dan Kurikulum Ke-Islaman sebagai penciri sekolah. Termasuk juga disini adalah program – program unggulan yang mungkin dilakukan dalam upaya mencapai visi dan misi sekolah.

3. Program – Program
Program merupakan sesuatu yang penting untuk menentukan jalannya pelaksanaan operasional sekolah. Untuk itu penyusunan program hares dilakukan sebelum sekolah berjalan. Sehingga semua yang terlibat dalam penyelenggaraan sekolah dapat berjalan sesuai dengan koridor yang ada untuk tercapainya semua visi dan misi sekolah.

DATA GURU DAN PEGAWAI PNS/NON PNS
KEADAAN JANUARI 2008
SEKOLAH : SMP.IUT – YHSK PADANG SIBUSUK
JUMLAH MURID : 11 ORANG
JUMLAH ROMBEL : 1 (SATU)
ALAMAT : Jln. Lintas Sumatera Km 9 Padang Sibusuk. Jorong Kapalo Koto Padang Sibusuk
(E-mail yhsk1@yahoo.com)
N
O NAMA NIP Tempat/
Tanggal
Lahir Pangkat/
Gol Terhitung
Mulai
SK CPNS Masa Kerja TAMAT Bidang
Studi Yang
Diajarkan Keterangan
Tahun Bulan Ijazah Jurusan Tahun
1 Hj. JASMELI JASI Pd. Sibusuk/
06-05-1942 8 SGA 1962 Kepsek

2 Dra. DES ANNA 132 233 033 Batu Bulat,
29-12-1963 Penata II/c /
2005 01-03-1999 9 11 S.1 /AIV Pend.
Biologi 1989 Gr. Biologi
dan Kesenian PNS
3 SRI RAHAYUNINGSIH Pd. Sibusuk,
17-04-1981 0 8 S.1 /AIV Kimia 2004 Gr. Fisika, Kimia ,
Matematika Gr. Kontrak
4 SEFNI MARLIAH Sungai Langsat,
06-09-1984 0 8 S.1 /AIV Pdd.
B. Inggris 2006 B. Inggris Gr. Kontrak
5 ADE FADHILLA Padang Panjang,
29-10-1974 0 8 S.1 /AIV Guru PAI 1997 Gr. PAI Gr. Honor
Komite
6 FARDIAN Pd. Sibusuk,
07-07-1979 0 8 D. I Komputer 1998 TIK/LABOR Gr.Tetap Yayasan
7 MELI. Y Pamuatan,
27-07-1984 0 4 S.1 STSI 2006 Seni Budaya Gr. Honor
Komite
8 YENI SUSANTI, SE Sawahlunto,
24-12-1975 0 2 S.1 /AIV Ekonomi 2002 IPS terpadu
dan PKN Gr. Honor
Komite
9 VENDRI ANCE Pd. Sibusuk,
27-09-1984 0 1 S.1 /AIV Pdd.
Olahraga 2007 Olahraga Gr. Honor
Komite
10 SALADIN Solok,
05-09-1966 0 1 S.1/AIV Pdd
Olahraga
Olahraga Kontrak

Padang Sibusuk 12 Januari 2008
Kepala Sekolah
SMP.IUT – YHSK Padang Sibusuk


Hj.JASMELI JASI

DAFTAR INVENTARIS SMP.IUT – YHSK

A. BANGUNAN
1. Gedung 1 buah
2. Ruang belajar 4 buah
3. Ruang kator kepala sekolah (belum ada)
4. Ruang pustaka/labor ( belum ada)
5. Ruang UKS (belum ada)
6. Kavetaria (belum ada)
7. Ruangan WC 6 buah

B. PERALATAN
1. Meja Murid 130 buah
2. Kursi murid 130 buah
3. Meja guru 5 buah
4. Kursi guru 5 buah
5. Almari kelas 5 buah
6. Almari Arsip 1 buah
7. Papan Tulis 6 buah
8. Papan Absen 1 buah
9. Meja tamu 1 stel

C. ALAT BANTU AJAR
semuanya belum memadai

KURIKULUM SMP.IUT – YHSK
1. Kurikulum Nasional
a. Bahasa Indonesia
b. PKn
c. Matematika
d. IPA (biologi, Fisika dan KImia)
e. IPS (sejarah, Ekonomi, Geografi)
f. Bahasa Inggris
g. Olahraga / Penjaskes
h. Kesenian (seni buadaya)
i. TIK

2. Pendidikan Agama Islam
a. Akidah Akhlak
b. Fiqih
c. Al-Qur’an Hadits
d. Sejarah Kebudayaan Islam
e. Bahasa Arab
f. Kemampuan Dakwa

3. Pendidikan muatan lokal
a. Muhadarah
b. Nasyid
c. Kaligrafi
d. Keterampilan pilihan lainnya
e. Dan lain-lain

Kepala SMP.IUT


Fardian, SE

Tidak ada komentar: